Badai Melanda Bengkulu

17/11/2013
Bengkulu (DwiNewsTV)-Hujan lebat yang dipadu badai pada sabtu siang membuat 2 aset daerah harus mengalami kerusakan cukup parah. Aset pertama yakni bangunan Gedung Kantor Lurah Lingkar Timur di jalan taman remaja, yang mengalami kerusakan Pada dinding. Di kantor lurah ini 2 batu batanya jebol akibat pohon sengon yang berumur puluhan tahun menimpa gedung .

Beruntung pada saat kejadian, tidak ada satu orangpun keluarga penjaga kantor yang tidur.
POHON TUMBANG, DINDING JEBOL DAN PAGAR APOTEK PEMPROV ROBOH.mpg_snapshot_00.01_[2013.11.17_00.33.03]Sementara itu aset daerah yang
kedua yakni Gedung Balai Pengobatan dan Apotek PEMPROV Bengkulu yang beralamat di Jalan Pembangunan Kelurahan Padang Harapan. Meski tidak menimpa gedung namun pagar sepanjang 5 meter, roboh ditimpa pohon besar.
Akibatnya baik pengendara mobil, motor hingga gerobak mie pangsit harus rela memutar atau memilih melewati jalan kecil yang disisakan reruntuhan pohon tumbang tersebut.
Terpisah, pohon berjenis akasia yang sudah berumur 33 tahun di RT 5 Kelurahan Anggut Bawah, Kecamatan Ratu Samban juga ikut tumbang.

Pohon Di Jalan Adam Malik Nyaris Timpa Pengendara
Sementara itu , akibat cuaca ekstrim yang terjadi sabtu sore di Kota Bengkulu, pohon besar di pinggir Jalan Adam Malik KM 8 roboh, dan nyaris menimpa pengendara tiga pengendara sepada motor. Beruntung hanya ranting ujung pohon yang mengenai pengendara.  Akibat peristiwa ini, ruas jalan adam malik sempat macet beberapa menit.

Dari beberapa keterangan warga, pohon yang terlihat lapuk akibat dibakar itu, dengan cepat tumbang dan menutupi ruas jalan. Tumbangnya pohon itu membuat lebih setengah ruas jalan tertutup total. Pengguna jalan harus mengantre yang ingin menuju Kilometer 9 begitu juga kendaran dari arah berlawanan.

Kepala Dinas Petamanan dan Kebersihan, Dameri Efendi yang kebetulan berada di TKP langsung mengamankan arus  jalan dan menerjunkan personelnya untuk membersihkan pohon tumbang itu.
Tidak hanya itu, Dameri Efendi mengajak lapisan masyarakat untuk tidak membakar pohon di sepanjang jalur hijau kota bengkulu. Karena tindakan tersebut bisa menyebakan bahaya bagi para pengguna jalan.

Dituding Lamban, DISTAMBER Akui Karena Bekerja Di Hari Libur
Banyaknya pohon tumbang pada sabtu siang selain mengakibatkan kerusakan 2 aset daerah yakni Kantor Lurah Lingkar Timur dan Balai Pengobatan dan Apotek PEMPROV Bengkulu, juga membuat macet lalu lintas.

Kepala Dinas Pertamanan dan Kebersihan, DISTAMBER Kota, Damery Efendy, mengakui setidaknya ada 4 lokasi pohon tumbang yang terjadi pada sabtu siang.
DAFTAR LOKASI POHON TUMBANG DI KOTA BENGKULU
PER TANGGAL 16 NOVEMBER 2013

  1. JL. ADAM MALIK – KECAMATAN GADING CEMPAKA
  2. RT 5 KELURAHAN ANGGUT BAWAH – KECAMATAN RATU SAMBAN
  3. GEDUNG KANTOR LURAH LINGKAR TIMUR
  4. GEDUNG BALAI PENGOBATAN DAN APOTEK PROV. BENGKULU
Namun penanganan pohon tumbang ini menuai kritik warga. Tindakan DISTAMBER kota dinilai lamban dalam membersihkan pohon yang tumbang, sehingga selain membuat kemacetan, warga juga harus memutar mobilnya untuk menghindari pohon tumbang yang melintang ke badan jalan.


Kepala DISTAMBER Kota, Damery Efendi mengatakan, tindakan membersihkan pohon tumbang menggunakan skala prioritas. Hal ini karena pohon tumbang di kota secara serentak di beberapa lokasi. Sebanyak 30 personel kebersihan harus bekerja ekstra di hari libur. Sumber : http://rakyatbengkulutv.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Real DwiNews | Bloggerized by DwiNews - Premium Web News Themes | Best Web News Themes